Rabu, 30 Januari 2013

KEUNTUNGAN KETRAMPILAN MENJAHIT


KEUNTUNGAN KETRAMPAILAN JAHIT

Pakaian adalah salah satu kebutuhan primer manusia yang digunakan sebagai pelindung tubuh dan untuk memperindah diri
Tuntutan kebutuhan hidup kian hari kian banyak. Banyak jalan yang bisa ditempuh untuk memenuhinya, yaitu mempelajari berbagai keterampilan atau skill yang akan menguntungkan
Untuk mengembangkan kreatifitas, diperlukan
      Ketekunan
      Keuletan
*      Pengetahuan yang merupakan dasar untuk memperoleh keterampilan yangn member keuntungan besar dan memuaskan.
Keuntungan yang diperoleh dari keterampilan menjahit :
*      Keuntungan secara moril
Jika seseorang menginginkan sebuah baju ada 2 kemungkinan :
J  Membeli pakaian jadi.
Keuntungan : harga lebih murah
Kekurangan : corak, warna desain serta jahitannya kurang memenuhi selera
J  Membeli bahan untuk dijahitkan
Keuntungan : corak, warna, desain dan jahitannya mungkin lebih memuaskan
Kekurangan : dengan menyuruh orang lain menjahitkan jatuhnya harga lebih mahal,terkadang ongkos jahitannya hampir sama atau lebih mahal dari pada harga bahannya. 

Sabtu, 12 Januari 2013

R.A KARTINI

BIOGRAFI DAN CERITA DARI R.A KARTINI

Raden Ajeng Kartini lahir pada 21 April tahun 1879 di kota Jepara, Jawa Tengah. Ia anak salah seorang bangsawan yang masih sangat taat pada adat istiadat. Setelah lulus dari Sekolah Dasar ia tidak diperbolehkan melanjutkan sekolah ke tingkat yang lebih tinggi oleh orangtuanya. Ia dipingit sambil menunggu waktu untuk dinikahkan. Kartini kecil sangat sedih dengan hal tersebut, ia ingin menentang tapi tak berani karena takut dianggap anak durhaka. Untuk menghilangkan kesedihannya, ia mengumpulkan buku-buku pelajaran dan buku ilmu pengetahuan lainnya yang kemudian dibacanya di taman rumah dengan ditemani Simbok (pembantunya).

Akhirnya membaca menjadi kegemarannya, tiada hari tanpa membaca. Semua buku, termasuk surat kabar dibacanya. Kalau ada kesulitan dalam memahami buku-buku dan surat kabar yang dibacanya, ia selalu menanyakan kepada Bapaknya. Melalui buku inilah, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir wanita Eropa (Belanda, yang waktu itu masih menjajah Indonesia). Timbul keinginannya untuk memajukan wanita Indonesia. Wanita tidak hanya didapur tetapi juga harus mempunyai ilmu. Ia memulai dengan mengumpulkan teman-teman wanitanya untuk diajarkan tulis menulis dan ilmu pengetahuan lainnya. Ditengah kesibukannya ia tidak berhenti membaca dan juga menulis surat dengan teman-temannya yang berada di negeri Belanda. Tak berapa lama ia menulis surat pada Mr.J.H Abendanon. Ia memohon diberikan beasiswa untuk belajar di negeri Belanda.

Beasiswa yang didapatkannya tidak sempat dimanfaatkan Kartini karena ia dinikahkan oleh orangtuanya dengan Raden Adipati Joyodiningrat. Setelah menikah ia ikut suaminya ke daerah Rembang. Suaminya mengerti dan ikut mendukung Kartini untuk mendirikan sekolah wanita. Berkat kegigihannya Kartini berhasil mendirikan Sekolah Wanita di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, Cirebon dan daerah lainnya. Nama sekolah tersebut adalah “Sekolah Kartini”. Ketenarannya tidak membuat Kartini menjadi sombong, ia tetap santun, menghormati keluarga dan siapa saja, tidak membedakan antara yang miskin dan kaya.

Pada tanggal 17 september 1904, Kartini meninggal dunia dalam usianya yang ke-25, setelah ia melahirkan putra pertamanya. Setelah Kartini wafat, Mr.J.H Abendanon memngumpulkan dan membukukan surat-surat yang pernah dikirimkan R.A Kartini pada para teman-temannya di Eropa. Buku itu diberi judul “DOOR DUISTERNIS TOT LICHT” yang artinya “Habis Gelap Terbitlah Terang”.

Saat ini mudah-mudahan di Indonesia akan terlahir kembali Kartini-kartini lain yang mau berjuang demi kepentingan orang banyak. Di era Kartini, akhir abad 19 sampai awal abad 20, wanita-wanita negeri ini belum memperoleh kebebasan dalam berbagai hal. Mereka belum diijinkan untuk memperoleh pendidikan yang tinggi seperti pria bahkan belum diijinkan menentukan jodoh/suami sendiri, dan lain sebagainya.
Kartini yang merasa tidak bebas menentukan pilihan bahkan merasa tidak mempunyai pilihan sama sekali karena dilahirkan sebagai seorang wanita, juga selalu diperlakukan beda dengan saudara maupun teman-temannya yang pria, serta perasaan iri dengan kebebasan wanita-wanita Belanda, akhirnya menumbuhkan keinginan dan tekad di hatinya untuk mengubah kebiasan kurang baik itu.
Belakangan ini, penetapan tanggal kelahiran Kartini sebagai hari besar agak diperdebatkan. Dengan berbagai argumentasi, masing-masing pihak memberikan pendapat masing-masing. Masyarakat yang tidak begitu menyetujui, ada yang hanya tidak merayakan Hari Kartini namun merayakannya sekaligus dengan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember.
Alasan mereka adalah agar tidak pilih kasih dengan pahlawan-pahlawan wanita Indonesia lainnya. Namun yang lebih ekstrim mengatakan, masih ada pahlawan wanita lain yang lebih hebat daripada RA Kartini. Menurut mereka, wilayah perjuangan Kartini itu hanyalah di Jepara dan Rembang saja, Kartini juga tidak pernah memanggul senjata melawan penjajah. Dan berbagai alasan lainnya.
Sedangkan mereka yang pro malah mengatakan Kartini tidak hanya seorang tokoh emansipasi wanita yang mengangkat derajat kaum wanita Indonesia saja melainkan adalah tokoh nasional artinya, dengan ide dan gagasan pembaruannya tersebut dia telah berjuang untuk kepentingan bangsanya. Cara pikirnya sudah dalam skop nasional.
Sekalipun Sumpah Pemuda belum dicetuskan waktu itu, tapi pikiran-pikirannya tidak terbatas pada daerah kelahiranya atau tanah Jawa saja. Kartini sudah mencapai kedewasaan berpikir nasional sehingga nasionalismenya sudah seperti yang dicetuskan oleh Sumpah Pemuda 1928.
Terlepas dari pro kontra tersebut, dalam sejarah bangsa ini kita banyak mengenal nama-nama pahlawan wanita kita seperti Cut Nya’ Dhien, Cut Mutiah, Nyi. Ageng Serang, Dewi Sartika, Nyi Ahmad Dahlan, Ny. Walandouw Maramis, Christina Martha Tiahohu, dan lainnya.
Mereka berjuang di daerah, pada waktu, dan dengan cara yang berbeda. Ada yang berjuang di Aceh, Jawa, Maluku, Menado dan lainnya. Ada yang berjuang pada zaman penjajahan Belanda, pada zaman penjajahan Jepang, atau setelah kemerdekaan. Ada yang berjuang dengan mengangkat senjata, ada yang melalui pendidikan, ada yang melalui organisasi maupun cara lainnya. Mereka semua adalah pejuang-pejuang bangsa, pahlawan-pahlawan bangsa yang patut kita hormati dan teladani.
Raden Ajeng Kartini sendiri adalah pahlawan yang mengambil tempat tersendiri di hati kita dengan segala cita-cita, tekad, dan perbuatannya. Ide-ide besarnya telah mampu menggerakkan dan mengilhami perjuangan kaumnya dari kebodohan yang tidak disadari pada masa lalu. Dengan keberanian dan pengorbanan yang tulus, dia mampu menggugah kaumnya dari belenggu diskriminasi.
Bagi wanita sendiri, dengan upaya awalnya itu kini kaum wanita di negeri ini telah menikmati apa yang disebut persamaan hak tersebut. Perjuangan memang belum berakhir, di era globalisasi ini masih banyak dirasakan penindasan dan perlakuan tidak adil terhadap perempuan.

KODE EMOTICON (CHAT)

KODE UNTUK EMOTICON


[[334954663181745]] - Kode Smiley Facebook untuk Spongebob
[[332936966718584]] - Kode Smiley Facebook Hello Kitty
[[326134990738733]] - Kode Smiley Facebook Pikachu
[[297354436976262]] - Kode Smiley Facebook Santa Claus
[[269153023141273]] - Kode Smiley Facebook Poring
[[252497564817075]] - Kode Smiley Facebook Kerokeroppi

[[250128751720149]] - Kode Smiley Facebook Domo Kun
[[249199828481201]] - Kode Smiley Facebook Konata Izumi
[[236147243124900]] - Kode Smiley Facebook Pokeball
[[224502284290679]] - Kode Smiley Facebook Nobita
[[223328504409723]] - Kode Smiley Facebook Gintoki Sakata
[[196431117116365]] - Kode Smiley Facebook Shin chan
[[157680577671754]] - Kode Smiley Facebook Angry Bird
[[155393057897143]] - Kode Smiley Facebook Doraemon
[[144685078974802]] - Kode Smiley Facebook Mojacko
[[138529122927104]] - Kode Smiley Facebook Pedo Bear

KE : PELAJARAN


hanyu/mandarin

pelajaran : KE


汉语           hanyu
印尼          bahasa Indonesia
应文           bahasa inggris
兆瓦文       :   bahasa jawa
生物学       biologi
五里穴       fisika
总叫薛      pendidikan agama
共民交于   pkn
地理           geografi
历史           sejarah
经济           ekonomi
         olahraga
         kesenian
学习 什么 xuexi shenme belajar apa
         ke pelajaran

Selasa, 08 Januari 2013

SIMBOL DI LABORATORIUM

 simbol di laboratorium

CERPEN


Kasih Tak Sampai

Di sebuah SMP Swasta di daerah Jakarta, ada seorang siswa yang bernama Nia. Nia adalah siswi yang terhitung pandai, pemalu,dan pendiam. Ia memiliki seorang sahabat yang bernama Ami. Mereka berdua duduk di bangku kelas 8. Di kelas itu ada seorang cowok yang menurut Nia itu unik dan berbeda dengan yang lain.cowok itu bernama Rio.
(saat pagi hari di sekolah)
Nia : ‘’Mi, klo aku liat Rio kog di agak beda ya??”
Ami : “ hah? Beda? Gag ada tuh yang beda ma dia. Mungkin kmu salah liat kali…
Nia : “ hmmmb..” ( masih berpikir )
Hari dan bulan telah berganti. UTS pun tiba. Karena Nia itu pandai, waktu ujian Nia slalu sibuk menjawab pertanyaan temen2 nya. Selain itu, tempat duduk Nia dan Rio saling berdekatan. Maka tak aneh bila mereka saling bercengkrama.
Rio :” Sssstttt…… nia.. aku Tanya nomer 1 ampe 6. Cepetan…” ( dengan perasaan yang kawatir ketauan pengawas ujian )
Nia: “ iya… jawabannya AADBADC.”
Rio : “ sipt. Makasih ya.. baek dehhh” ( matanya yg ngelirik kesana kemari)
Waktu ujian pun berakhir. Dan pengumuman hasil ujian telah berada di tangan. Nia bersedih, karena hasil ujiannya gag memuaskan.
Nia :” ami,,, gimana nih? Aku malu sama nilai ku. ;( “
Ami : “ ngapa sih harus malu? Kan lebih bagus nilai mu dari pada nilaiku.”
Nia : “ gimana ya, nilainya Rio?” (muka cemas)
Ami : “ ehhmt… ehmmmt… koq nanya nya tentang Rio trus? Hayo.. kmu suka kant… ma Rio??!!”
Nia : ( mukanya memerah karena malu) “ iiihhh.. ngomong apaan sih? Malu klo dia denger!”
Ami : “ ihirr… ada yang baru jatuh cinta nih..”
Nia : ( dengan nada malu2) “ iya.. tp kan cumin nge fans. Eh tp jangan bilangin ke siapa2 ya!”
Ami : “ oke “
Kian hari, Nia semakin suka ma Rio. Tp , dia gag brani buat nge sms Rio duluan. Mungkin gara2 gengsi.
Di kelasnya, hanya Ami dan Eny yang mengetaui hal itu. Mereka berdua berusaha buat ndeketin Nia ama Rio.
Hari yang kelam bagi Nia pun datang. Tak di sangka dan tak di duga… Nia mengetahui bahwa Rio telah ……..
Mau tau kelanjutannya … tunggu yang part 2 ya..
Sorry be4,insya Allah aku mbuat kisah ini berdasarkan imajinasi.’n maaf klo crita ini jelek. Aku cumin iseng aja.
Tolong tinggal kan A Comment buat aku ya,,!!!???
Tp aku juga nunggu jempolnya. Makasih .

SINOPSIS


   MATA CAHAYA KEHIDUPAN
            Pada suatu ketika Nuraini sedang belajar, terdengar suara buku jatuh. Ternyata tersenggol oleh Ahmad yaitu adik Nuraini. Akibatnya Nuraini yang sedang belajar untuk menghadapi Lomba menjadi terganggu. Lalu Ahmad meninta maaf kepada Nuraini. Lalu Nuraini melanjutkan belajar. Tiba-tiba Ahmad berteriak mencari sesuatu. Ternyata Ahmad mencari bulu ayam. Lima menit kemudian  Ahmad menangis karena matanya kemasukkan debu akibat memukul kasur terlalu keras. Dan Bu Latifah sambil menggendong Irfan dan Nuraini segera datang dan membantunya.Tak terasa hari sudah siang. Karena keasyikan belajar Nuraini pun lupa member makan ikan-ikannya. Lalu ia bergegas memberi makan ikannya. Tiba-tiba ada suara klakson minibus yang didepannya ada truk. Salah seorang penumpang turun. Ternyata itu adalah tetangga baru. Nuraini pun segera memanggil ibunya. Tiba-tiba ada wanita dan puteranya mereka adalah Bu Halimah dan Yusuf. Merekan berbincang-bincang didepan rumah. Hari Senin pagi di SD Ihsanul Amal sangat ramai. Diantara keramaian itu ada 3 anak dan seorang guru mereka adalah Nuraini, Rahma, Nurdin, dan Bu Zainab. Mereka menghadap kepala sekolah, Pak Ilham. Setelah pelajaran usai Nuraini, Rahma, dan Nurdin segera kerumah Bu Zainab untuk belajar bersama. Menjelang ashar mereka pulang.
            Saat perjalanan pulang, Nuraini meliha seseorang ada di depan pagar, ternyata itu pak Ilyas, ayah Nuraini. Sesampainya diruamh, mereka segera berbincang-bincang. Ternyata saat bekerja, pak Ilyas mengunjungi Nenek. Ternayata Nenek akan dioperasi Katarak. Lalu seketika Ahmad keluar dari kamarnya. Lalu mereka berbincang bersama. Waktu berlalu begitu cepat. Persiapan lomba semakin matang. Sesampainya dirumah Nuraini segera berganti pakaian, tetapi ahmad tak ada dirumah. Akhirnya Nuraini mencari dirumah yang ada di depanya. Ternyata ada seorang wanita bernama Laila. Lalu Nuraini dipersilahkan masuk. Mereka berbincang- bincang. Dan perbincangan itu berkaitan dengan mata. Perbincangan itu sangat bagi Nuraini. Tetapi Ahmad dan Marwan belum pulang. Tiba-tiba Marwan mengetuk pintu, tapi Marwan pulang sendiri. Ternyata Ahmad sudah pulang. Lalu Marwan bercerita tentang pengemis buta yang telah mereka sebrangkan dan memberinya uang. Selanjutnya Nuraini pun segera berpamitan pulang.            Suadah larut malam, tetapi Nuraini belum tidur. Akhirnya Bu Latifah datang bertanya. Ternyata Nuraini memikirkan lomba besuk. Dan Bu Latifah menasehatinya, dan akhirnya Nuraini pun segera tidur.Pukul 10.25lomba sudah dimulai tetapi ayahnya baru datang ke Kelurahan untuk melihat lomba. Ada beberapa regu, dan SD Ihsanul Amal adalah regu B. Ternyata nilai regu B dan regu A sama. Akhirnya diadaka pertanyaan dan regu B menjawab. Regu B adalah pemenangnya, semuanya bersorak gembira. Sampai-sampai Nuraini menagis karena sangat senang.

CUKUP SEKIAN.